Jumat, 16 Oktober 2009

Hari Pertama Masuk, SMAN 1 Dringu Gelar Halal Bihalal dan Anjangsana Ke Warga Sekitar Cetak E-mail

Reporter : Ivan
DRINGU
- Tidak berbeda dengan sekolah-sekolah yang lain, di SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo pun menggelar acara halal bihalal. Kegiatan ini digelar sebab masih dalam suasana Idul Fitri. Halal bihalal pun dikemas sederhana, hanya dengan berjabat tangan antar sesama siswa dan guru setelah apel pagi di halaman sekolah, Rabu (30/9) lalu.

Acara semacam ini menjadi tradisi yang mesti digelar setiap masuk sekolah untuk pertama kalinya, setelah libur panjang selama Idul Fitri.

Usai halal bihalal, siswa-siswi diberikan kesempatan untuk bersilaturahim antar sesama siswa. Sedangkan, Kepala Sekolah dan dewan guru melakukan pertemuan di ruang guru.
Selain menikmati suasana lebaran, mereka juga membicarakan proses belajar mengajar yang akan dimulai aktif pada hari kedua masuk sekolah.

Sementara para siswa pun masih menikmati suasana santai masuk sekolah untuk kali pertama. Ada yang memanfaatkan kesempatan itu dengan bersilaturahim ke kelas-kelas yang lain, bahkan tidak sedikit memilih hanya duduk diam di depan kelasnya.

Sumarkam, Kepala Sekolah SMAN 1 Dringu menyampaikan bahwa tidak ada kegiatan lain pada hari itu selain halal bihalal. Namun pihak sekolah tidak memberikan ijin kepada siswanya untuk pulang meninggalkan sekolah terlebih dahulu. “Kita jadwalkan untuk memulangkan mereka sekitar jam 10.00, jika terlalu pagi kan tidak enak,” tegasnya.

Ia juga mengaku telah mengarahkan karyawan/karyawati dan seluruh siswanya agar melakukan anjangsana kepada warga di sekitar sekolah. Sebab menurutnya, tanpa diduga kita juga mungkin punya salah dan dosa kepada warga sekitar.

Untuk kegiatan belajar mengajar, menurut Sumarkam akan aktif kembali mulai hari kedua masuk, yaitu tepatnya Kamis (1/10).

Untuk tingkat kehadiran siswapun pada hari ini diakuinya sangat baik. Hampir seluruhnya masuk, hanya ada yang ijin sakit dan mendapatkan sispensasi tidak masuk dari Dinasi Pendidikan Kab. Probolinggo karena mewakili sekolah dalam Porprov Jatim.

Ia mengharapkan agar kesan baik pada hari pertama itu akan berlangsung seterusnya, tidak hanya pada hari pertama.(van)

1 komentar:

  1. Kami dengar kabar ada anak siswa sejumlah 10 orang kesurupan kemarin/bagaimana itu kronologinya/ saran saya supaya jin tidak mengang lagi adakan RUKYAH ALQUR'AN PANGIL AHLINYA/ JANGAN PANGGIL DUKUN JIN GANGGU LAGI NANTI/ MAAF SEBELUMNYA//

    BalasHapus